Video Of Day

Breaking News

Cara Mengecek Harga Komputer



Harga Komputer – Seiring perkembangan teknologi, komputer saat ini sudah menjadi barang kebutuhan. Tidak hanya perkantoran yang membutuhkan perangkat komputer, tetapi setiap rumah sudah memiliki komputer. Penjualan komputer mengalami peningkatan yang cukup signifikan beberapa tahun belakangan ini. Dengan banyaknya produsen perangkat komputer, maka Anda harus memperhatikan dan meneliti terlebih dahulu spesesifikasi yang Anda butuhkan ketika akan membeli komputer.


Sebab, beda kebutuhan beda pula spesefikasi komputernya. Sebagai contoh, spec komputer yang digunakan untuk gaming tentu berbeda dengan komputer yang hanya digunakan untuk sekedar mengetik dan browsing internet. Dan hal itu juga akan mempengaruhi harga, semakin tinggi speknya maka harga akan semakil mahal.



Berikut perangkat komputer yang mempengaruhi harga komputer secara keseluruhan:

1. Perangkat Input
- Keyboard
- Mouse

2. CPU
CPU (Central Processing Unit) merupakan inti dari perangkat komputer dan untuk melakukan prosecing data. Di dalam CPU terdapat beberapa komponen-komponen untuk proses data dan kerja komputer, komponen tersebut seperti:

- Harddisk
Harddisk berfungsi sebagai ruang penyimpanan data dalam computer. Dan di situ juga seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja komputer dijalankan. Setiap data dan informasi disimpan di komponen ini.

- Motherboard
Motherboard berfungsi untuk menghubungkan semua komponen-komponen komputer agar bisa saling bekerja satu sama lain.

- Processor
Procesor adalah alat berbentuk chip kecil sebagai otak dari pemrosean data sebuah perintah komputer. Semakin tinggi specs prosessor, maka semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data.

- RAM
RAM ( Random Acces Memory ) adalah memory utama di dalam sebuah komputer yang digunakan untuk media penyimpanan untuk sementara waktu saat komputer dalam keadaan menyala. RAM sering juga disebut sebagai memori utama komputer. RAM berfungsi sebagai pendukung dan pelayan bagi prosesor dalam melakukan proses komputing.

- Vga Card
VGA card adalah komponen di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan data output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer hanya akan menampilkan cahaya polos alias tanpa gambar.

- Casing
Casing  berfungsi sebagai tempat meletakkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing berguna untuk melindungi berbagai komponen komputer dari debu, air, panas, atau kotoran lainnya saat bekerja.

- Power Supply
Fungsi Power Supply adalah untuk mengalirkan listrik ke bagian setiap komputer agar bisa berjalan.

3. Perangkat Out Put

Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang diproses di dalam komputer akan ditampilkan oleh perangkat ini.
- Monitor/Layar LCD
- Speaker
- Printer
Itulah yang perlu Anda perhatikan ketika membeli komputer. Intinya, semakin tinggi specnya maka semakin mahal harga komputer. Intinya kembali kepada apa yang Anda butuhkan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda..


Note: jika Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini, mohon diklik salah satu tombol like di bawah ini. Dan jangan lupa memberikan komentar yang baik (tidak spam). Terima kasih.

Tidak ada komentar