Video Of Day

Breaking News

Tips Mencegah Virus Masuk ke Dalam Laptop

Mencegah Virus Masuk Laptop - Virus dan Malware adalah hal yang paling ditakutkan oleh siapapun yang menyimpan data penting di laptopnya. Jika laptop sudah kemasukan virus atau malware maka alamat celaka bagi pemiliknya. Beberapa data berharga akan hilang, laptop sering ngadat dan lain sebagainya. Virus sangat banyak jenisnya dan selalu berkembang seiring perkembangan software anti virus itu sendiri. Yang jelas, virus dan malware sangat berbahaya bagi laptop dan komputer Anda sebagaimana virus dan bakteri berbahaya bagi tubuh manusia hehe..

Virus bisa masuk dengan mudah ke dalam komputer, laptop, notebook, smartphone atau perangkat elektronik Anda kemudian merusak system dari perangkat tersebut jika Anda tidak berhati-hati dan memproteksi perangkat tersebut dari virus.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda diterapkan agar mencegah virus masuk ke dalam laptop, komputer atau smartphone Anda.

1. Gunakan Antivirus

Ini adalah langkah pertama dan paling krusial. Karena software antivirus adalah benteng pertahanan pertama bagi laptop atau komputer Anda dari virus. Jika Anda tidak punya dana untuk beli yang pro, maka yang gratis juga sudah cukup. Yang jelas, jangan biarkan laptop atau konputer Anda tanpa software antivirus.


2. Lakukan Update Antivirus dan Scan secara berkala

Lakukan update antivirus secara berkala minimal seminggu sekali. Jika Anda sering online, tinggal diaktifkan update otomatis sehingga Anda tidak perlu mengupdatenya secara manual. Dan jangan lupa scan komputer atau laptop anda secara berkala terlebih jika Anda menemukan keanehahn dalam laptop atau komputer Anda.

3. Hati-hati Membuka File dari Flashdisk Siapapun 

Flashdisk adalah sarang tempat virus berkembang biak hehe.. Flashdisk sangat mudah tertular dan menularkan virus karena tidak dilengkapi dengan antivirus. Oleh karena itu, sebelum membuka flashdisk, jangan lupa scan terlebih dahulu untuk membersihkan virus yang mungkin ada di dalam flashdisk terebut.

4. Tidak Membuka Sembarang Link

Yang berselancar di internet ada yang baik ada juga yang tidak baik. Orang yang baik adalah orang yang menebarkan kebaikan dengan internet. Dan orang tidak baik adalah orang yang menyebarkan keburukan di internet, salah satunya adalah menyebarkan virus. Maka jangan semabarangan dalam membuka link jika Anda tidak mengenalinya karena besar kemungkinan di dalam link tersebut sudah dipasang virus atau malware.

5. Tidak Mendownload Sembarangan

Berhati-hati jika ingin mendownload sebuah file dari internet. Pastikan Anda mendownload dari tempat yang sudah Anda kenal terpercaya. Sebab, para penyebar virus dan malware biasanya menyelipkan virus ke dalam file yang Anda download sehingga masuk ke dalam laptop Anda.

6. Pastikan bahwa laptop atau komputer Anda tidak dipegang oleh banyak tangan

Tidak semua orang tau tentang virus di internet. Jika komputer atau laptop  digunakan lebih dari satu user, maka berhati-hati sebelum membuka file tertentu. Usahakan melihat ekstensinya dari file tersebut seperti .exe, .scr, .vbs, .bat atau tidak sesuai dengan iconnya. Hal ini patut diwaspadai karena terinfeksi virus.

Jika komputer Anda sudah terlanjur terinfeksi virus, sebaiknya dibawa ke tempat service minta discan dengan antivirus yang pro karena biasanya antivirus gratisan tidak bisa menghapus virus. Jika masih tidak bisa, maka tidak ada cara lain selain menginstal ulang komputer atau laptop Anda dengan konsekuensi bahwa semua file Anda akan hilang jika dilakukan partisi ulang. Demikian informasi tentang tips mencegah virus masuk ke dalam laptop. Semoga bermanfaat..


Note: jika anda mendapatkan manfaat dari artikel ini, mohon diklik salah satu tombol like di bawah ini. Dan jangan lupa memberi komentar yang baik (tidak spam). Terima kasih.

Tidak ada komentar